Hukum

Mawardi Ali: Salon Kecantikan di Aceh Besar Dilarang Pekerjakan Waria

Kabaratjeh.com, Jantho – Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, kembali mengeluarkan himbauan yang berisi larangan usaha salon kecantikan yang berada di wilayah itu untuk mempekerjakan waria. Sebelumnyam Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga sudah mengeluarkan surat instruksi terhadap berkewajiban berbusana muslim bagi Pramugari yang mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Dalam surat Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2018 tentang penertiban perizinan terhadap usaha pangkas/salon/rumah kecantikan yang dikelola dan didiami oleh kelompok lebian, gay, bisek dan transgender dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, agar pengelola salon atau rumah kecantikan tidak menyalahgunakan izin yang telah dikeluarkan.


Instruksi tersebut ditujukan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Satuan Polisi Pamong Praja da Wilayatul Hisbah, dan para camat di kabupaten tersebut. Dalam surat tersebut, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali memerintahkan untuk mencabut izin usaha terhadap usaha salon kecantikan jika mempekerjakan waria. Dia jug menyebutkan agar kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar untuk melakukan sosialisasi fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang lesbian, gay, sodomi, dan pencabulan pada daerah-daerah yang terindikasi penyimpangan.

Selain itu, kepala Satpol PP dan WH Aceh Besar juga diintruksikan agar melakukan pengawasan dan penertiban dalam rangka peningkatan pelaksanaan kegiatan mencabut izin usaha salon yang melanggar hukum. Pihaknya juga memerintahkan para camat di kabupaten tersebut melakukan monitoring terhadap kegiatan usaha salon.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, saat dikonfirmasi, Jumat 9 Februari 2018, meyebutkan instruksi tersebut dikeluarkan agar di wilayah Kabupaten Aceh Besar terbebas dari perilaku yang menyimpang dari ajaran Islam.

“Hal ini bertujuan agar Aceh Besar terbebas dari maksiat dan perilaku yang tidak baik. Nantinya para camat kan memonitoring setiap kegiatan salon yang ada di wilayahnya. Jika ada yang menyimpang, usahanya kita cabut izin,” ujar Politisi PAN tersebut.[]

  • 257
    Shares
Berikan Komentar

Berikan Komentar Anda Disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *